12 November 2020

Pelatihan Volunteer Ruang Sharing LSO OASIS




(Dokumentasi Kegiatan Ruang Sharing)

Artikel ini telah tayang perdana pada Website Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dapat diakses melalui: http://psikologi.uin-malang.ac.id/?p=5487

Lembaga Semi Otonom (LSO) Peer Counseling OASIS Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan pelatihan untuk para volunteer konselor Ruang Sharing. Acara ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk dapat mengemplementasikan teori yang telah di pelajari selama masa perkuliahan. Sedangkan bagi masyarakat luas, acara ini bertujuan sebagai psikoedukasi dan membantu masyarakat agar lebih aware terhadap kesehatan mental mereka melalui kegiatan konseling online.

Acara ini diadakan pada hari Minggu, 8 November 2020, dan diikuti oleh 51 volunteer dengan rincian 27 volunteer anggota internal OASIS, serta 24 volunteer mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara diawali dengan opening speech oleh Ketua panita acara yaitu Chrisne Tri Apriliana, kemudian disambung oleh Direktur LSO Peer Counseling OASIS Fakultas Psikologi, yaitu Hafid Asfiyanto. Dalam sambutannya, mereka menyampaikan bahwa melalui Ruang Sharing ini diharapkan dapat memberikan wadah bagi volunteer untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan tentang konseling. Sebelum acara dimulai, para volunteer mengisi pre-test terlebih dahulu yang telah disediakan oleh panitia, para volunteer diberikan waktu sekitar 20 menit untuk mengerjakannya.

Acara dengan tema “Mendengar-Mengerti-Memahami” ini mendatangkan dua narasumber yang sangat luar biasa dan expert di bidangnya, yaitu Ibu Fuji Astutik, M.Psi., Psikolog dengan materi Psychological First Aid, beliau menyampaikan dengan jelas dan rinci apa itu Psygological First Aid. Beliau juga menyampaikan bahwa para konselor harus memperhatikan materi 3L, yaitu look, listen serta link. Sebagai akhir dari materi, beliau menyampaikan tentang teknik menenangkan pasien.

Kemudian untuk narasumber kedua yaitu Ibu Ainindita Aghniacakti, M.Psi., Psikolog. Beliau menyampaikan materi tentang Counselling Skill. Materi ini dimulai dengan penjelasan yang mendasar mengenai definisi konseling, mitos-mitos yang beredar terkait konseling, hingga teknik dari konseling itu sendiri. Beliau juga memberikan pengarahan tentang apa saja yang harus dihindari selama menjadi konselor sebaya, serta memberikan closing statement yaitu “Jangan lupa mengapresiasi diri”.

Dari kegiatan pelatihan volunteer ini, Chrisne Tri Apriliana selaku ketua panitia acara memberikan apresiasi terhadap antusiasme para peserta. “Progress dari acara ini sangat bagus sekali. Nilai pre-test dari peserta yang awalnya biasa saja mengalami kenaikan ketika mengerjakan post-test. Saya yakin acara ini akan sukses, karena panitia dari Ruang Sharing terlihat sangat responsif, dan memiliki kerja sama yang sangat bagus sekali” terang Chrisne.


Penulis: Khoiruddin Hidayatullah dan Namirah Zahrani (LSO Jurnalistik Fakultas Pikologi UIN Malang)

Editor: Miarasanti Dwi M.

0 comments

Posting Komentar