22 September 2023

Berbekal ToC, Langkah Awal Para Peer Counselor


        Menjadi seorang konselor tidaklah instan, begitu ucap Bu Indit, sapaan akrabnya, selaku pemateri pertama dalam acara Training of Counselor atau ToC 2023. Training of Counselor (ToC) 2023 dilaksanakan oleh Lembaga Semi Otonomi Peer Counseling OASIS pada hari Sabtu tanggal 16 September 2023 dengan mengangkat tema "Learn and Grow: Ways to be a Smart Counselor". Acara ini bertempat di Gedung Perkuliahan  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. ToC diikuti oleh seluruh anggota baru LSO PEER COUNSELING OASIS sejumlah 35 orang, yang berasal dari mahasiswa psikologi semester 3 dan 5. Kegiatan ToC yang diketuai oleh suadara Ilham Saefuloh ini dihadiri oleh pembina LSO Peer Counseling Oasis, Ibu Rika Fu'aturosida, S.Psi, M.A., serta ketua SEMA dan DEMA Fakultas Psikologi. 


        Selain itu, kegiatan ini menghadirkan 2 pemateri yang sangat luar biasa, yang saat ini menjadi Dosen sekaligus psikolog, yaitu Ibu Ainindita Aghniacakti,M.Psi., Psikolog dan Ibu Fuji Astutik, M.Psi., Psikolog. Ibu Ainindita sendiri memberikan materi dengan mengusung tema "Serba-Serbi Konseling: Assessment, Teknik, dan kode etik untuk konselor". Kemudian, Ibu Fuji selaku pemateri kedua, menyampaikan materi dengan mengusung tema "Strategi membangun hubungan baik untuk keberhasilan konseling".


            Kegiatan ToC yang dilaksanakan sejak pukul 07.30 hingga 16.30 ini berjalan sangat lancar. Para peserta dan panitia sangat antusias dalam menyukseskan acara ini. Penyampaian materi pelatihan diselingi pula dengan sesi ice breaking yang turut merekatkan para peserta sebagai anggota baru LSO Peer Counseling Oasis. Menurut Alifan. Direktur LSO Peer Counseling Oasis, kegiatan ToC ini penting untuk dilaksanakan sebelum SDM Oasis terjun menjadi konselor sebaya yang berkualitas.

           Selama kegiatan  berlangsung, peserta  menyimak dengan baik segala materi yang disampaikan serta membuat resume catatan untuk dipelajari lagi dikemudian hari. Selain itu, dalam kegiatan ToC ini, peserta juga diarahkan untuk mengikuti roleplay bersama pemateri dan pendamping masing-masing guna memperdalam pemahamannya tentang konseling. Salah seorang peserta juga mengatakan bahwa "Saya dapat banyak ilmu tentang konseling dikegiatan ToC ini. Dari ToC juga saya bisa praktek menjadi konselor. Dan saya harap, itu bisa menjadi bekal untuk saya menggeluti dunia konseling".


Share to Care with OASIS!

#oasis23/24
#SharetoCarewithOasis

0 comments

Posting Komentar